Rabu, 27 Februari 2013

Membuat Blog Niche: Memilih Niche dan Keyword yang Tepat

Cara Membuat Blog Niche
Menentukan Target, Cara Monetasi, Pemilihan Niche  dan Riset Kata Kunci yang Profitable

Halo ,

Tahukah Anda saya ditantang berduel? Beberapa hari yang lalu saya memutuskan untuk ikut berduel dengan Kang Yudiono. Bukan berduel fisik, namun berduel membuat sebuah niche blog yang menghasilkan uang. Jika Anda belum tahu, silahkan simak artikel saya tentang Tantangan Duel Niche Blog dari Blogodolar.

Bagi Anda yang belum tahu apa itu blog niche, saya jelaskan sedikit. Blog niche adalah blog yang membahas topik tertentu saja atau topik khusus. Tidak membahas banyak topik. Sebagai contoh, saya mengambil topic kesehatan sebaga niche. Jadi blog saya hanya membahas topik kesehatan saja. 

Ada 4 model niche blog yang biasanya bisa dibuat yaitu, whole niche, broad niche, themed niche, dan micro niche. Jika niche kesehatan tadi kita hubungkan dengan model ini, topik kesehatan merupakan blog whole niche karena membahas topik yang luas meliputi kesehatan mata, gigi, perut, kulit dan lain sebagainya. Niche tersebut ini sebenarnya masih bisa di bagi menjadi 3 kategori lagi yaitu niche Kesehatan Kulit sebagai broad Niche, niche Kesehatan Kulit Wajah sebagai themed niche, dan niche Cara Menghilangkan Jerawat sebagai micro niche-nya.

Dari 4 kategori tadi saya lebih munyai micro niche. Kenapa? Manajemen micro niche blog lebih mudah. Dari sisi anggaran biaya dan waktu, model ini cocok bagi Anda yang baru terjun ke dunia blog dengan dana terbatas. Kenapa? Blog micro niche umumnya membutuhkan artikel yang tidak banyak yaitu sekitar 10-50 artikel. Bahkan ada yang hanya mengisinya dengan 1 artikel saja. 

Hal ini disebabkan oleh karena kita hanya fokus ke 1 keyword/kata kunci yang menjadi niche blog kita. Sebagai contoh, saya membuat blog dengan niche Cara Menghilangkan Jerawat. Saya hanya cukup membuat beberapa artikel tentang cara menghilangkan jerawat.

Karena modal yang dibutuhkan tidak banyak, jika blog tersebut gagal untuk bersaing di Google dan tidak menghasilkan uang, saya tidak rugi banyak.

Sebagai studi kasus, awal 2012 lalu saya mebuat 5 blog niche. Saya hanya membutuhkan modal $50 per blog. $10 untuk beli domain selamat 1 tahun dan sisanya $30 untuk membeli 10 artikel 500 kata berbahasa inggris. . Totalnya modal semua blog menjadi $50 x 5 blog = $250. Ditambah biaya hosting 1 tahun $80, grand totalnya menjadi $330. Hasilnya 3 blog berhasil menembus halaman 1 google dan 2 lainnya hanya mampu bersaing di halaman 3 dan 4. Dari ke-5 blog yang sukses mampu menghasilkan $800 lebih selama tahun 2012 lalu.

Itu hanya dari Google Adsense. Dari program affiliasi saya memperoleh hampir 
$240. Total pendapatan menjadi $1.040. Jadi keuntungan yang saya peroleh sekitar $710 lebih. Tidak banyak memang. Namun, bayangkan jika saya membuat 10 blog atau bahkan lebih, mungkin hasilnya bisa 2 kali lipat bahkan lebih.

Anda tertarik? Namun tidak tahu harus memulai dari mana? Jangan khawatir. Mari belajar bersama. Seperti yang saya sebutkan tadi, saya dan beberapa blogger sepakat untuk melakukan duel dalam membuat blog niche. Jadi secara khusus saya membuat artikel berseri tentang cara membuat blog niche dan telah mencapai seri ke-2.

Di seri kedua ini saya membahas bagaimana cara menentukan target blog niche, cara memonetasinya atau cara menghasilkan uang dari blog tersebut, serta bagaimana memilih topik/niche yang profitable. Silahkan simak artikel saya yang berjudul Duel Blog Niche #2: Target, Cara Monetasi dan Memilih Niche. Anda bisa mengaksesnya di alamat ini:

http://www.gusadit.com/duel-blog-niche-2-target-cara-monetasi-dan-memilih-niche.html

Kenapa harus menentukan beberapa poin diatas? Membuat blog niche sebagai bisnis online sama halnya dengan bisnis offline. Jika Anda ingin membuat usaha di dunia nyata, ketiga poin tersebut wajib Anda miliki. Anda mesti menentukan target bisnis atau usaha Anda. Kemudian model bisnis apa yang akan dilakukan sebagai sumber pendapatan.

Untuk blog niche, dengan menentukan target saya bisa memilih model/cara monetasi yang paling bagus. Dan apabila cara monetasi sudah ditentunkan, saya mempunyai gambaran niche atau topik apa yang akan dipilih. Penentuan niche akan mempermudah saya dalam melakukan riset keyword oleh karena saya hanya fokus ke sebuah niche/topik.

Riset Keyword untuk blog niche itupun sudah saya lakukan. Hasilnya saya memperoleh kata kunci yang jumalh pencariannya per bulan adalah sebanyak 1.600 untuk wilayah Amerika. Ingin tahu keyword yang saya bidik? Simak artikel tentang Menentukan Keyword yang di Bidik untuk blog niche. Anda juga bisa mengaksesnya di alamat ini:

http://www.gusadit.com/duel-blog-niche-3-produk-dan-keyword-yang-saya-bidik.html

Jika Anda punya pertanyaan seputar blog niche jangan sungkan-sungkan bertanya melalui form komentar yang ada di artikel tersebut. Saya akan berusaha menjawab sesuai kemampuan saya.
Salam Hangat,
Gus Adit
http://www.gusadit.com/
Terhubung dengan Saya di:
 Twitter | Google+ | Facebook Saya 

Copyright © 2013 Gus Adit, All rights reserved.
Email ini dikirim ke Anda karena Anda telah berlangganan update dari blog Dunia Komputer di http://www.gusadit.com Jika Anda tidak ingin menerima lagi update berupa artikel, tips, tutorial blog serta informasi perkembangan blogging terbaru dan gratis, Anda bisa berhenti berlangganan dengan mengklik link/tautan di akhir email ini.
Alamat kami:
Gus Adit
Jalan Telaga Tista, Jungutan, Bebandem
Karangasem 80861
Indonesia

Add us to your address book



Email Marketing Powered by MailChimp


Anda sedang membaca artikel tentang Membuat Blog Niche: Memilih Niche dan Keyword yang Tepat dan anda bisa menemukan artikel Membuat Blog Niche: Memilih Niche dan Keyword yang Tepat ini dengan url http://tutorial-terbaru.blogspot.com/2013/02/membuat-blog-niche-memilih-niche-dan.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Membuat Blog Niche: Memilih Niche dan Keyword yang Tepat ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Membuat Blog Niche: Memilih Niche dan Keyword yang Tepat sumbernya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar